Artis Korea yang Meninggal Bunuh Diri

1. Jang Ja Yeon

7 Maret 2009 (29th), pemeran Sunny dalam serial Boys Over Flower, konon kabarnya karena tidak tahan dijadikan budak seks oleh agensinya.
publik masih penasaran dengan apa yang menjadi penyebab aktris Korea, Jang Ja Yeon, memutuskan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Perlahan-lahan penyebab kematian aktris tersebut memang kini mulai terkuak. Pada 6 Maret lalu ‘The 8 O’Clock News’ yang ditayangkan SBS mengungkapkan jika selama ini Jang Ja Yeon dipaksa untuk melayani nafsu birahi 31 orang pria. Fakta itu terungkap setelah adanya dokumen yang ditulis tangan sendiri oleh Jang Ja Yeon.
Saya melayani 31 pria. Setiap kali saya ganti pakaian, saya harus melayani mereka,” tuturnya seperti yang dikutip laman Go Kpop
selain itu dia juga mengatakan “Setiap kali saya punya baju baru, saya harus bertemu dengan iblis lainnya. Saya akan balas dendam, bahkan setelah saya mati!”
Dari tulisan yang dibuatnya sebelum ia bunuh diri diketahui jika kerjasamanya dengan manajemen artis yang menaungi Jang tidak berjalan mulus. Diketahui Jang menghadapi kesulitan saat merintis karirnya sebagai artis. Manajemennya diduga telah memanfaatkan dan menuntut Jang untuk melayani para pria yang memiliki pengaruh dalam industri hiburan Korea dengan alasan untuk memuluskan karirnya sebagai artis. Ia dipaksa tunduk pada peraturan tersebut. Sebelum kematiannya, artis ini diketahui menderita depresi sampai harus mendapatkan perawatan medis selama satu tahun. Sebelum ditemukan bunuh diri di kamarnya, di rumahnya di kawasan Bundang Seongnam, pada 7 Maret 2009 lalu, sang kakak mengungkapkan adiknya itu sempat mengeluh jika ia mengalami stres berat dan ingin mati. Ia mengatakan hal tersebut kepada kakaknya melalui sambungan telepon. Setelah tak bisa ditelepon, kakaknya memutuskan untuk pulang ke rumah dan menemukan tubuh Jang yang telah tergantung di kamarnya. Kematian Jang dipercaya karena bunuh diri. Tetapi, catatan yang dibuat Jang membuat polisi melakukan investigasi ke kantor manajemennya. Polisi menangkap mantan manajer Jang, Kim Sung Hoon di Jepang. Kim Sung Hoon membantahnya. Tetapi polisi tetap menjalani proses penyelidikan. Dan ia dihukum percobaan penjara selama 2 tahun dan harus menjalani pelayanan masyarakat selama 160 jam

2. Jung Ah yool

Jung-Ah-Yool

Namanya memang belum begitu terkenal, namun tampaknya si cantik Jung Ah Yool sudah tak sabar menantikan bintangnya bersinar terang. Jung Ah Yool ditemukan meninggal bunuh diri di kediamannya, 12 Juni 2012 kemarin.

Jung Ah Yool bunuh diri dengan cara gantung diri di rumahnya. Ia ditemukan oleh aparat setempat sehari setelah ia memposting tentang duka lara – nya di akun Facebook pribadinya. Jung Ah Yool segera dilarikan ke rumah sakit terdekat sesaat setelah ditemukan. Namun sayang, nyawanya tidak tertolong lagi.

Jung-Ah-Yool-2

Jung Ah Yool menulis di halaman Facebooknya :

“Saya bangun pagi ini dan membuka mata saya dan saya merasa seperti saya sedang berdiri sendirian di padang pasir … Saya telah mengurus diri saya sendiri sejak saya berusia 19 tahun tapi tiba – tiba … di kamarku, di mana saya tidak memiliki tempat untuk bergantung … ” tulisnya pada tanggal 10 Juni 2012 seperti dilansir Soompi.

Sehari sebelum ia ditemukan tewas, yaitu tanggal 11 Juni 2012, Jung Ah Yool kembali menulis status.

 ”Tidak ada yang bisa menghibur saya,”

Melihat bagaimana ia menulis status – status di halaman Facebook – nya seperti mengindikasikan bahwa Ah Yool benar – benar depresi dengan kehidupannya. Seorang sumber mengatakan bahwa Jung Ah Yool sedang mengalami kesulitan ekonomi setelah gajinya untuk membintangi serial “Love, Love” yang tayang di stasiun televisi KBS2 belum juga cair.

3. Song Ji Seon
Song Ji SeonSong Ji Seon bunuh diri dengan cara yang ekstrem. Presenter cantik ini tewas  setelah terjun dari apartemennya, yang berada di lantai 19 di Seochodong pada 23 Mei 2011.Banyak yang berspekulasi jika keputusan Song Ji Seon untuk bunuh diri karena skandal cintanya dengan atlet baseball, Im Tae-Hoon. Song Ji Seon pernah mengungkapkan kisah cintanya dengan atlet tersebut. Tetapi, sang atlet justru membantah pengakuan wanita cantik itu. Im Tae-Hoon mengaku tidak pernah memiliki hubungan dengan presenter tersebut.

Ia merasa sakit hati dengan bantahan Im Tae -Hoon. Ia mencurahkan isi hatinya. “Jika tak bisa mengambil saya, silakan setidaknya memberi aku kekuatan. Hati saya sangat sakit, saya sudah minum pil tidur ketiga,” tulis Song Ji Seon di sepucuk surat pada 7 Mei 2011.

4. Han Chae Won

Han Chae Won

Aktris dan penyanyi Korea, Han Chae Won menambah daftar panjang artis Korea yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Aktris ini diketahui bunuh diri setelah dua bulan lamanya tak terdengar beritanya.

Han Chae Won bunuh diri di rumahnya pada 25 Agustus 2011. Tetapi, berita ini baru terdengar pada 8 Oktober. Media setempat ramai memberitakan aksi bunuh diri artis yang memulai debutnya  di jagat hiburan Korea pada tahun 2002 lalu ini.

Sebelum bunuh diri, Chae Won membuat catatan dalam situs pribadinya. Berikut isi pesan Chae Won sebelum melakukan aksi bunuh diri. “Saya benar-benar tak ingin berkomentar. Saya hanya ingin menghentikan penderitaan dan berhenti menangis. Dan ini bisa diselesaikan jika saya meraih kesuksesan, tapi…..” tulis Chae Won seperti dikutip dari Hancinema.

5. Kim Yuri

Model Korea Kim Yuri Meninggal Bunuh Diri – Seorang model asal Korea bernama Kim Yuri tewas bunuh diri dengan cara menenggak racun. Kim Yuri adalah seorang supermodel asal Korea yang saat ini masih berusia 22 tahun.

Kejadian Kim Yuri bunuh diri berlangsung pada Senin, 18 April 2011 waktu Korea. Saat tubuh model asal Korea tersebut sudah terkontaminasi racun jiwanya tidak dapat lagi ditolong meski sempat dilarikan kerumah sakit Samsung-dong, Seoul Medical Center.

Kepolisian Gangnam telah mengumumkan hasil otopsi jenazah Yuri. Dara berusia 22 tahun yang menghembuskan nafas pada 19 April kemarin tidak keracunan.

“Tidak ada tanda-tanda trauma atau obat-obatan dalam organ dalamnya,” ujar juru bicara kepolisian
Beberapa hari sebelumnya, Yuri sempat menuliskan pesan singkat di halaman MySpace. “Tak peduli bagaimana saya memikirkannya.. bahkan jika saya berpikir tentang itu 100 kali…saya tetap satu-satunya orang di dunia ini.”
Pesan singkat Yuri memang tidak begitu jelas bercerita. Namun para penggemar Yuri mengartikan, idolanya tersebut tengah berada dalam satu masalah besar.
Yuri lahir di Korea pada 1989. Ia menjadi model beberapa acara fesyen kenamaan di negaranya. Yuri juga menjadi brand ambassador beberapa produk asal Korea.

6. Kim Da-eul  (김다울)

TTL : Seoul, South Korea, 31 May 1989
RIP : Paris, France, 19 November 2009 (aged 20)

Daul Kim bisa dibilang sebagai model Korea yang cukup berhasil. Wajahnya sempat muncul beberapa kali sebagai model di majalah mode Inggris seperti VOGUE dan I-D serta majalah lain yang tak kalah mentereng seperti HARPER BAZAAR, atau DAZED & CONFUSED. Debut internasional juga sudah dicicipinya dengan mengikuti catwalk di acara Paris Fashion Week 2007.

Noda tragis dari karir cemerlangnya, terukir ketika ia baru berusia 20 tahun. Daul Kim ditemukan gantung diri di apartemennya di Paris Perancis, pada tanggal 19 November 2009. Ia menderita depresi dan frustasi dalam waktu yang cukup lama. Ia mengekspresikan rasa frustasinya lewat blog serta lukisannya.

7. Park Jong Ha

Lahir : 12 Agustus 1977
RIP : 30 Juni 2010 (Diusia 32 Tahun)

Pada usia 17 tahun, Park Jong Ha telah dikenal dengan akting dan kemampuan musikalnya. Selain itu ia juga memiliki wajah ganteng yang dengan cepat membuatnya populer di antara para fans. Setelah debutnya di drama MBC, THEME THEATER (1994), Park muncul di berbagai drama TV dan juga film. Pada tahun 2002, Park Jong Ha bermain dalam serial populer WINTER SONATA bersama Bae Yong Joon dan Choi Ji-woo yang membuatnya begitu populer.

Park Jong Ha ditemukan meninggal oleh ibunya pada jam 05:30 pagi, tanggal 30 Juni 2010 di rumahnya di Nonhyeon-dong Seoul, dengan menggantung dirinya dengan kabel.

8. Choi Jin-Sil

Lahir : 24 Desember 1968
RIP : 2 Oktober 2008 (Diusia 39 Tahun)

Sebagai idola, Choi Jin-sil sempat mendapat julukan sebagai artis terbaik Korea. Selama karirnya sudah 18 film, 20 drama dan 140 iklan ia bintangi sebagai pemeran utama. Namun ternyata kesuksesan dalam hal karir tak menjadi jaminan kebahagiaan.

Masa lalu Choi Jin-sil tidak sepenuhnya indah. Ayah dan ibunya sudah tidak tinggal bersama sejak 1985 dan bercerai pada tahun 1998. Wanita yang selalu tampil dengan senyumnya yang khas ini, ketika menikah menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. Ia akhirnya mengungkapkan keadaannya tersebut ke publik, di mana ia malah mendapat reaksi keras dengan tuduhan tak mampu menjaga kehormatan dan dituntut secara hukum.

Choi Jin-sil ditemukan tergantung di rumahnya di Seoul, 2 Oktober 2008. Ia ditemukan oleh dua orang anaknya, ibu serta adik laki-lakinya, Choi Jin-young. Yang menarik adiknya juga bunuh diri satu tahun pasca kepergian Choi Jin-sil.

9.Choi Jin-young

Meninggal 29 Maret 2010. Merupakan adik dari artis Choi Jin-sil yang juga mati karena bunuh diri.

Lahir : 27 Febuari 1971
RIP : 29 Maret 2010

Aktor merangkap penyanyi Choi Jin-young ditemukan tewas gantung diri didalam rumahnya pada tanggal 29 Maret.
Choi Jin-young merupakan adik laki-laki satu-satunya mendiang aktris Choi Jin-sil yang bunuh diri pada tahun 2008 lalu.
Menurut kenalannya, Choi Jin-young menderita hipokondria setelah kakaknya meninggal dunia.
Kematian Choi Jin-young yang mengikuti jejak kakaknya Choi Jin-shil, sangat menggoncangkan baik selebritis maupun para fansnya di Korea .
Dia berencana tidak lama lagi akan come back dengan tampil dalam sebuah serial, sehingga membuat para fans semakin sedih.

ALASAN MENGAPA ARTIS KOREA BANYAK YANG BUNUH DIRI

Seorang Psikologi dari universitas Yonsei-korea, Hwang Sangmin, mencoba menganalisis fenomena bunuh diri ini. Menurutnya, orang Korea memiliki konsep Yan, dimana setiap orang berusaha bersikap diam dan tabah walaupun dalam keadaan marah.
Terutama untuk kaum selebritis, pencitraan melalui konsep Yan amat besar dilaksanakan. Jika sudah diambang batas, mereka cenderung putus asa dan akhirnya mengambil pilihan drastis untuk bunuh diri.

Faktor lain Alasan Banyaknya Artis Korea Bunuh Diri, karakter orang korea tergolong tertutup, sehingga para artis akan merasa malu jika ketahuan pergi ke konseling atau sedang depresi. Faktor agama juga tak kalah pentingnya. Hampir setengah warga Korea tidak memiliki agama, sehingga ketika mengalami depresi, penghargaan mereka terhadap kehidupan jadi rendah. Kepercayaan terhadap konsep reinkarnasi juga mendorong orang Korea mengakhiri hidupnya, dengan harapan kehidupan barunya akan lebih baik.
Data yang cukup signifikan, rentetan bunuh diri artis ini mulai marak sejak kematian aktris Lee Eun Joo. Dikhawatirkan, Lee Eun Joo menjadi inspirasi bagi para juniornya untuk menyelesaikan persoalan dengan bunuh diri.
Korea memang memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di dunia serta Banyaknya Artis Korea Bunuh Diri. Menurut Organization of Economic Cooperation and Development, sebanyak 21 orang dari 100 ribu orang Korea melakukan bunuh diri. Ini sudah melewati batas normal.

admin : ckckck, jadi itu alasannya mengapa mereka lebih milih gantung diri daripada menghadapi masalah yang ada, dari kejadian2 artis korea itu ada hikmah yang kita dapatkan

“Seberat dan sebanyak apapun masalah yang menimpa diri kita jika kita masih yakin adanya Tuhan, maka masalah itu akan selesai dengan sendirinya seiring kuatnya keyakinan kita akan pertolongan-Nya”

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s